Minggu, 26 April 2009

tugas Blogger PTIK..11.1B.07 ...11090469

By ; Amalia Trisnawati_11090469
Assalamualaikum...wr..wb...
Dengan Rakhmat dan semangat yang begitu besar dalam mengerjakan tugas mata kuliah Pengantar ilmu Teknologi dan Komputer sehingga penulis mampu menyelesaikan analisa perkembangan teknologi.
Dengan kemajuan teknologi sekarang sudah sangat maju sekali, tidak seperti zaman dahulu. Dengan adanya perkembangan teknologi, sekarang semuanya jadi mudah,lebih efektif dan efisien. Jarak yang begitu jauh bisa menjadi sangat dekat. Misalnya dengan komputer, dengan adanya komputer seseorang bisa berhubungan dengan siapa saja, dimana saja, kapan saja, bahkan bisa berbisnis hanya dengan teknologi komputer. Disini penulis ingin membahas tentang teknologi ilmu komputer, dimana tugas ini penulis buat untuk memenuhi salah satu tugas tengah semester (MID) Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komputer yang diampu oleh Bapak Hendry Prihandono..Beliau selaku Dosen Pembimbing di kelas 11.1B.07.

Penggunakan komputer di dunia pendidikan
Zaman dulu mungkin komputer tidak dimiliki semua lembaga-lembaga / instansi, tetapi sekarang semua lembaga / instansi sudah banyak menggunakan komputer. Pada lembaga pendidikan kebayakan sekarang menggunakan komputer, baik di tingkat tertinggi maupun di tingkat yang terendah, seperti di tingkat dasar. Di salah satu sekolah dasar di Brebes yaitu MI Nurussibyan Randugarut Kec.Tanjung
Kota Brebes sudah memasukan komputer sebagai muatan lokal. Dimana di sekolah tersebut seorang guru menerangkan apa itu komputer? bagaimana cara menggunakan komputer? sehingga seorang siswa bisa menggunakan komputer walaupun masih dalam tingkat dasar.Begitu pula di tempat kerja penulis yang tepatnya di Apotik 'Rizky Sehat' Duren Sawit Jakarta Timur .salah satu wiraswasta yang bergerak dalam dalam bidang perdagangan obat-obatan.Yang sudah menggunakan teknologi komputer untuk menyimpan data-data,baik berupa data transaksi maupun data penjualan dan pembelian serta laporan lainnya. Dengan menggunakan teknologi segala aktivitas lebih efektif dan efisien.Baik aktivitas kerja di berbagai bidang.Namun dalam karya ini penulis menggunakan sample MI Nurussibyan Randugarut Kec.Tanjung Kota Brebes dan Apotik'Rizki Sehat' Duren Sawit Jakarta Timur.

MI Nurussibyan Randugarut Kec. Tanjung Kota Brebes. Ketika seorang guru mengajarkan ilmu komputer kepada anak didiknya, maka seorang guru mengenalkan dulu apa itu komputer?

Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.

Adapun Menurut Hamacher bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

- menerima input

- memproses input tadi sesuai dengan programnya

- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

- menyediakan output dalam bentuk informasi

Sedangkan menurut Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

  1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa djamah.
  2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Setelah seorang guru menjelaskan tentang apa itu komputer, guru juga harus menerangkan tentang penggolongan komputer, sehingga anak didik bisa membedakan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Adapun penggolongan komputer, sebagai berikut :
Penggolongan Komputer

Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya.

Berdasarkan Data Yang Diolah

  1. Komputer Analog
  2. Komputer Digital
  3. Komputer Hybrid

Berdasarkan Penggunaannya

  1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
  2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

  1. Komputer Mikro (Micro Computer)
  2. Komputer Mini (Mini Computer)
  3. Komputer Kecil (Small Computer)
  4. Komputer Menengah (Medium Computer)
  5. Komputer Besar (Large Computer)
  6. Komputer Super (Super Computer)

Berdasarkan Generasinya

  1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
  5. Komputer Generasi Kelima
Dari beberapa penjelasan di atas, yaitu tentang apa itu komputer, penggolongan komputer. Di dalam penjelasan tentang komputer, ada tiga elemen sistem komputer yang antara satu dengan yang elemen yang lainnya saling berkaitan, diantaranya yaitu :
I. Hardware / perangkat keras komputer

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

  • Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
    • RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
    • Buses:
      • Bus PCI
      • Bus ISA
      • USB
      • AGP
    • ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
    • CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
  • Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
  • Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
  • Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
  • Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
  • Beberapa jenis penyimpanan komputer:
    • CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
      • CD-ROM
      • CD-RW
      • CD-R
    • DVD
      • DVD-ROM
      • DVD-RW
      • DVD-R
    • Floppy disk
  • Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
    • Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
    • Disk array controller
  • Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
  • Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
    • Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
    • Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
  • Alat lainnya.

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

  • Input
    • Keyboard
    • Alat penunjuk
      • Mouse
      • Trackball
    • Joystick
    • Gamepad
    • Scanner gambar
    • Webcam
    • Tablet Grafis
  • Output
    • Printer
    • Speaker
    • Monitor
  • Jaringan/Networking
    • Modem
    • kartu network

II. Software atau perangkat lunak

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

  1. Mengidentifikasi program
  2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Macam-macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

  1. Sistem Operasi (Operating System),
  2. Program Aplikasi (Application Programs),
  3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
  4. Program Bantu (Utility)

1. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :

  • Menyimpan program dan aksesnya
  • Membagi tugas di dalam CPU
  • Mengalokasikan tugas-tugas penting
  • Merekam sumber-sumber data
  • Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
  • Memeriksa kesalahan sistem
  • Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
  • Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID

Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

2. Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :

  • Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

  • Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.

  • Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

4. Program Bantu (Utility)

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Contoh software ini diantaranya :

  • Norton Utility
  • Winzip
  • Norton Ghost
  • Antivirus
III. Brainware/Manusia yang mengoperasikan komputer

Brainware adalah bagian penting dari sebuah system komputasim perangkat keras tidak dapat berkerja tanpa perangkat lunak, sementara perangkat lunak dan perangkat keras memerlukan brainware untuk menjalankannya.

Secara harafiah, brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hall ini otak manusia) yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras dan lunak yang ada.

Ada beberapa jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing, diantaranya:

· Programer

Merupakan orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool(alat) programming yang tersedia

· System Analyst

Merupakan orang yang mempelajari sebuah proses bisnis yang menuangkannya dalam sebuah rancangan system sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat diwujudkan dalam system komputerisasi yang terintegtrasi.

· System Adminestraror

Merupakan orang yang bertugas untuk mengelola sebuah system koputer yang dirancang oleh sytem analyst dan dibuat oleh programmer.

· Database Administrator

Orang yang mengelola sebuah system database

· Database Engineer

Merupakan orang orang yang merancang sebuah system data base sehingga system ini dapat mengakomodir kebutuhan akan pegolahan data, baik saat ini maupun yang akan datang

· System Integrator

Merupakan orang yang membangun system computer yang telah dirancang oleh sytem analyst yang mengintegrasikan system yang mungkin akan dibangun kemudian hari.

· Newtork Designer

Orang yang merancang sebuah sestem jaringan computer untuk menghasilkan sebuah jaringan computer yang efektif dan efisien dalam hal peforma pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunya.

· Network Engineer

· Merupakan orang yang merancang teknik-teknik baru dsalam bidang networking, orang ini bertanggung jawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.

· Software Engineer

Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah perangkat lunak (aplikasi, driver, Sistem operasi)·

Hardware Engineer

Orang yang bertangung jawab untuk mengembangakan metode dan teknik-teknik terbaru dalam pembuatan sebuah perangkat keras sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih dari sebelumnya.

· System Auditor

Merupakan orang yang bertugas mengaudit sebuah system komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan dari sebuah system komputerisasi, sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangakan system yang ada menjadi lebih sempurna lagi.

· Pengguna (user)

Orang yang mengunakan system computer yang ada dan yang mengendalikan serta memogramkan komputer tersebut.


Seorang guru selain bisa memberikan materi tentang ilmu komputer, juga harus bisa memberikan cara bagaimana posisi yang benar ketika menggunakan komputer, karena apabila anak didik menggunakan komputer dengan posisi sembarang, maka bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh anak didik. Berikut ini cara menggunakan komputer dengan posisi yang benar :

1. Pandangan Mata

Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandanagn fokus ke layar monitor
memiliki layar anti silau atau memakai kacamata berwarna.

2. Posisi tubuh / posisi duduk

• Posisi tubuh kurang tepat membuat kurang nyaman
• Posisi kaki dapat menyanggah lantai
• Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat
• Duduk tegak
• Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat
mengurangi ketegangan otot dan persendian

3. Letak Pergelangan Tangan, Jemari tangan dan Lengan

• Pastikan pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan santai,
tidak melangkung dan tegang
• Letak posisi yang benar dapat terhindar dari penyakit radang sendi
(Repetitive strain Injury-RSI)

4. Beristirahat

Beristirahatlah selama 10 menit setelah berkerja 1 jam di depan komputer agar
mata dan organ tubuh lainya juga beristirahat.


Penulispun menganalisis data di tempat penulis bekerja,di mana tempat penulis bekerja di wiraswata yaitu Apotik 'Rizki Sehat'.Dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang ini,Apotik "Rizki Sehat "telah menggunakan teknologi misalnya pesawat faximile,pesawat telephon,serta seperangkat komponen komputer.

Apotik "Rizki Sehat" sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat, Apabila apotik akan melakukan transaksi pembelian barang maka menggunakan pesawat faximile.
Pesawat faximile
pesawat ini dapat diidentikan dengan mesin fotokopy jarak jauh.kemampuan yang di miliki untuk mengirimkan gambardan dari segi teknis dapat di hubungkan melalui pesawat telephon.

Apabila akan menerima pesan suara dari jarak jauh makapengirim cukup menekan nomor (021)86602251,teknologi ini juga mempermudah para pelanggan mampu berkomunikasi jarak jauh. Tidak hanya para pelanggan yang mampu berkomunikasi melalui teknologi ini namun juga para distributor-distributor lainnya,sehingga akan mempermudah dalam bertransaksi dalam perdagangan.
Pesawat Telephon
pesawat ini mampu menerima dan mengirim pesan suara dari jarak jauh sehingga akan mempermudah dalam bertransaksi dalam penjualan.

Apotik 'Rizki Sehat ' dengan pelayanan ,harga lebih terjangkau dan kelengkapan barang penjualan sehingga termasuk salah satu apotik yang telah di kenal masyarakat luas.

Dengan Rakhmat dan semangat penulis,Demikian pembahasan analisa tentang teknologi komputer dan bagaimana cara menggunakannya. Apabila dalam penulisan karya ini terdapat kesalahan dan kekurangan, baik dalam penulisan maupun uraian kata, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saran dan kritik yang berisifat konstruktif sangat penulis harapkan demi sempurnanya penulisan ini. Mudah-mudahan apa yang penulis sampaikan dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umunya. Amin ya robbal 'alamin.

Wassalamualaikum...wr..wb...

Tidak ada komentar: